Jumat, 03 Februari 2012

Provocative Proactive, Acara yang Bikin Melek Tentang Politik

by Ema Ari Apriliana di 2/03/2012 12:06:00 AM


Provocative Proactive, salah satu acara yang hampir tidak saya lewatkan setiap malam Jum’at. Yap! Provocative Proactive adalah acara favoritku setelah Kick Andy. Mungkin Ema bakal melewatkan Provocactive pas nggak sengaja ketiduran, karena acaranya juga mulai pas udah malem banget. Provocactive mungkin bisa jadi satu-satunya acara yang ngebahas tentang politik dengan cara yang lebih santai, segar dan muda (bisa diliat dari penontonnya yang kebanyakan adalah mahasiswa). Tapi meskipun gitu, aku yang anak SMA  juga demen banget kok sama acara ini.
            Lahir tanggal 5 Agustus 2010 dan berakhir tadi malam, 2 Februari 2012. Di umurnya yang singkat, tapi Provocactive sudah memiliki banyak penggemar. Ema melihat fenomena ini dari twitter dan blognya om Pandji (http://www.pandji.com/takkan-usai/comment-page-1/#comment-367546). Dengan umurnya yang singkat pula, Provocactive udah bikin pemuda kita
mau melek tentang politik yang mungkin kebanyakan orang sekarang suka beranggapan masa bodo sama yang namanya politik, dan mengajak pemuda untuk mulai peduli dengan bangsanya sendiri.
            Sebenernya ema nggak tau kalo tadi malem adalah episode terakhir, dan mereka musti pindahin tempat warkopnya. Sedih, cukup sedih di tinggalin acara ini (ceilaaa…) karena ini emang tontonanku tiap malem Jumat. Acara ini di bubarin karena pihak Metro TV bilang, secara performa rating, Provocactive nggak bisa bertahan. Terlepas itu benar atau tidak, tetep ada rasa kecewa yang terbesit (padahal akhir-akhir ini lagi banyak masalah yang menyangkut para pejabat). Tapi, di episode terakhir Provocactive memberikan tontonan yang menurut saya special, beda dari biasanya. Di episode terakhir Om Pandji ngajakin buat keliling kantor DPR, yang ternyata mirip dengan tempat wisata (bayangin aja! Di kantor DPR ternyata ada toko merchandise nya jugaak :D).
            Ini dia petikan dari tulisan Om Pandji di blognya yang ema suka ^__^
Tapi saya tersenyum.

Saya ingat..

Ketua DPR pernah protes berkoar di twitter membela diri.

Mantan Ketua PSSI kabur-kaburan dari undangan kami

Mantan Menteri Hukum dan HAM mensomasi kami hanya karena kami merasa kinerjanya yg mengecewakan membuatnya pantas di re-shuffle (walaupun akhirnya dia di re-shuffle juga)

Presiden RI yang #nomention kami dalam pidatonya.

Saya tersenyum sebagaimana Leonidas tersenyum..
“…. even a God-King can bleed”

Biarlah Indonesia ingat, di umurnya yang singkat, pernah ada sebuah aktivisme pemuda berwujud program TV yang menolak untuk tunduk kepada pembual dan pembohong itu.

Menolak untuk dibungkam dan menolak untuk berbicara sesuai dgn titipan

Acara TV yang mengambil resiko untuk melontarkan kritik kepada siapapun yang pantas dikritik, termasuk pemilik Stasiun TV-nya sendiri

Thanks buat para crew Provocactive,
hosts yang kreatif, kritis dan kocak dalam diskusi kecil di warkop Teteh Andari ^__^ ada Om Pandji, Bang Radith, Om Ronal, Kak Joshi
semuamuanyaaa….. Ema ikut mengangkat kepalan tangan, karena perjuangan ini belum usai J

“every ending is just the new beginning. And we’ll wait for the new one”   

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan si Sawi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review